Pages

Jumat, 10 Juni 2016

SILABUS RA USIA 4 - 5 TAHUN RA.JENDELA ILMU NGABUL

Belajar yang menyenangkan




SILABUS
1.KELOMPOK A ( USIA 4-5 TAHUN )
a. Bidang pengembangan diri
1. Akhlak / prilaku
STANDAR KOPETENSI
Anak mampu mengucapkan Bacaan Do`a /lagu-lagu keagamaan meniru gerakan beribadah ,mengikuti aturan serta mampu belajar berprilaku baik dan sopan bila diingatkan
KOPETENSI DASAR
HASIL BELAJAR
INDIKATOR

Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/ bahan / alat
Anak mampu melakukan ibadah
  • Dapat mengucapkan bacaan do`a
  • Dapat menyanyikan lagu –lagu keagamaan
  • Dapt menirukan pelaksanaan ibadah sesuai dengan keyakinannya
  • Dapat menganal dan menyayangi ciptaan Allah

v  Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

v  Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sedaerhana

v  Menirikan gerakan ibadah secara sederhana
v  Menyebutkan waktu ibadah
v  Menebutkan ciptaan-ciptan Allah ,missal ;manusia;bumi;lagit;tanaman ;dan hewan
v  Menyiram tanaman ,memberi makan binatang




Anak mampu mengikuti aturan serta dapat belajar untuk berprilaku baik dan sopan
Memiliki  sopan santun dan mengucapkan salam
v  Bersikap ramah
v  Meminta tolong dengan baik ,mengucapkan salam
v  Berterima kasih jika memperoleh sesuatu
v  Berbahasa sopan dalam berbicara
v  Mau menyapa dan menjawab sopan dengan ramah
v  Mau minta maa`f jika melakukan kesalahan



Mulai dapat bersikap /berperilaku saling hormat menghormati
v  Mau mengalah
v  Mendengarkan orang tua / teman berbicara
v  Tidak mengganggu teman












2 SOSIAL EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN
STANDAR KOPETENSI
Anak Mampu Berinteraksi, Mulai Dapat  mengendalikan emosinya,mulai menunjukkan rasa percaya diri sendiri ,mulai dapat menjaga diri sendiri secara  sehat
KOPETENSI DASAR
HASIL BELAJAR
INDIKATOR

Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/ bahan / alat
Dapat menunjukkan rasa percaya diridan kepedulian terhadap diri sendiri ,kesehatan dan lingkungan
Menunjukkan rasa percaya diri
v Mampu mengerjakan tugas sendiri
v Menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya



Menunjukkan kepedulian

v Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
v Mau membagi miliknya ,misalnya makanan ,mainan  dll
v Meminjamkan miliknya dengan senang hati



Dapat mengenal jenis-jenis penyakit yang ringan dan cara mencegahnya
v  Mengenal penyakit ringan .Misalnya influenza,sakit perut ,sakit gigi
v  Mengenal cara mencegah penyakit ringan .Misalnya supaya tidak sakit influenza jangan bermain hujan –hujanan,agar tidak sakit perut  makanlah makanan yang sehat ,agar tidak sakit gigi gosok gigi setelah makan



Dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan
v  Membersihkan diri sendiri tampa bantuan misalnya ,menggoasok gigi ,mandi, ,buang air dll
v  Membuang sampah pada tempatnya
v  Membantu membersihkan lingkunganya



Dapat menunjukkan emosi yang wajar
Menunjukkan  emosi yang wajar dan mengendalikan tindakan dan perasaan
v  Mau berpisah dengan ibu tampa menangis
v  Sabar menunggu giliran.
v  Berhenti bermain pada waktunya
v  Dapat dibujuk bila menangis,marah dll
v  Tidak cengeng



Dapat mengikuti perintah secara lisan ( verbal )
v  Melakukan perintah secara sederhana
v  Dapat menjadi pembicara dan pendengar yang baik



Mulai mengenal peraturan
Mulai dapat menjaga keamanan diri sendiri
v  Mengenal dan menghidari  benda-benda berbahaya
v  Mengenal dan menghidari obat-obat berbahaya



Mulk\ai tumbuh disiplin diri
v  Mengembalikan alat permainan pada tempatnya
v  Melaksanakan tata tertip yang adadi sekolahnya
v  Mengikuti aturan permainan



Tumbuh sikap kerjasama dan persatuan
v  Mudah bergaul /berteman
v  Dapat atau suka menolong
v  Dapat bekerja sama dengan teman



Mulai dapat bertanggung jawab
v  Melakukan tugas yang diberikan guru
v  Mengenal dan menjaga barang milik sendiri dan orang lain



Mulai dapat mengurus diri sendiri
Dapat melayani diri sendiri
v  Dapat memakai baju sendiri baik baik berkancing atau resliting
v  Memasang dan membuka tali sepatu
v  Mengurus dirinya sendiri tampabantuan Misalnya :  berpakaian ,makan sendiri .mandi sendiri dll
v  Membuang sampah pada tempatnya
v  Berani berangkat dan pulang sekolah  sendiri
v  Mampu buang air besar dan air kecil sendiri





b. BIDANG PENGEMBANGAN KEMAMPUAN DASAR
1). Agama Islam
STANDAR KOPETENSI
  1. Anak mengel Enam Rukun Iman
  2. Mengenal lima rukun Islam
  3. Anak mengenal tata cara /adb dan berdo`a dalam kenhidupan sehari –hari menurut ajaran Islam
  4. Memenal macam –macam huruf izaiyah /Arab
  5. Hafal Qu`an surat syrat pendek dan hadis –hadis pilihan
KOPETENSI DASAR
HASIL BELAJAR
INDIKATOR

Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/ bahan / alat
Mengenal sifat –sifat Allah
Menyebutkan  6 Rukun Iman
Menyebutkan beberapa ciptaan Allah san sifat -sifatnya
v  Menyanyikan lagu 6 Rukun Iman
v  Menyebutkan 5 benda ciptaan Allah
v  Menyebutkan 5 Asmaul Usnah
v  Menyebutkan 5 sifat Allah dalam Asmaul usnah



Mengenal –Nama-nama malaikat A;llah
Menyebutkan–Nama-nama malaikat A;llah
v  Menyebutkan lagu sepuluh Malaikat Allah
v  Menyebut 10 Maliaikat Allah dengan Tugasnya



Mengenal Nama-nama Nabi / Rosul Allah
Menyebutkan beberapa Nabi / Rosul Allah
v  Menyanyikan lagu25 Rosul Allah
v  Menyebut rosul terakhir dan kluagga dekatnya



Mengenal kitab suci umat Islam
Menyebutkan nama kitap suci umat Islam
v  Menyebutkan Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam



Mengenal Kalimat syahadat
Menyebutkan 5 Rukun Islam
Mengucapkan 2 kalimat syahadat
v  Menyanyikan lagu/sair 5 Rukun Islam
v  Menirukan 2 Kalimat syahadat
v  Melafatkan syahadat bagi Allah dan bagi Rasul
v  Menghafal 2 kaliat syahadat



Mengenal Sholat wajib
Melakukan gerakan sholat wajib
Menghafal sebagaian do`a dalam sholat wajib
v  Menirukan gerakan sholat mulai takbiratul Ihrom sampai salam
v  Hafal sebagaian do`a dalam sholat wajib



Mengenal Zakat dan shodakoh
Mengenal arti Zakat dan Shodakoh bagi umat Islam,
v  Menyanyikan lagu Zakat dan shodakoh
v  Mempraktekkan bershodakoh kepada Fakir /miskin /yatim disekitar lingkunganya



Mengenal Puasa
Mengenal arti puasa bagi umat islam
v  Menyanyikan lagu berpuasa dibulan Ramadhlon
v  Mempraktekkan belajar berpyasa sampai jam 09 00



Anak mampu menirukan tata-cara /adat dan berdo`a dalam kehidupan sehari-hari menurut agama Islam
Dapt mennyanyikan lagu /syair adab makan
Dapat mengenal tata cara makan
Dapat menirukan pelaksanaan cara /adab makan yang baik
Dapat menghafal bacaan do`a makan dan sesudah makan
v  Menyanyikan lagu-lagu /syair adab makan secara sederhana
v  Menyebutkan macam –macam alat makan
v  Menunjukkan contah cara/adab makan yang baik
v  Menyebutkan hal-hal yang dilakukan sebelum makan, waktu makan ,dan sesudah makan
v  Menirukan tata cara makan yang baik
v  Hafal do`a akan makan dan sesudah makan



Dapat menyanyikan lagu /syair adab tidur
Dapat mengenal tata cara tidur yang baik
Dapat menghafal bacaan do`a alan tidur dan bangun tidur
v  Menyanykan lagu-lagu /syair adab tidur secara sederhana
v  Menyebutkan macam-macam alat tidur
v  Mennjukkan contoh cara / adab tidur yang baik
v  Menyebutkan hal-hal yang dilakukan sebelum tidur dan sesudah tidur
v  Hafal do`a akan tidur dan bangun tidur



Dapat menyanyikan lagu / syair masuk kamar mandi /WC
Dapat mengenal tata cara masuk kamar mandi / WC yang baik
Dapat menghafal bacaan do`a akan masuk dan keluar kamar mandi /WC
v  Menyanyikan lagu-lagu/syair adab masuk kamar mandi /WC secara sederhana
v  Menyebutkan macam –macam alat kamar mandi/WC
v  Menunjukkan contoh cara/ adab masuk kamar mandi /WC yang baik
v  Menyebutkan hal-hal tang dilakukan sebelum.selama dan sesudah keluar dari kkamar mandi /WC




Dapat menyanyikan lagu /syair cara masuk dan keluar rumah
Dapat mengenal tata cara masuk dan keluar rumah yang baik
Dapat menghafal becaan do~a akan masuk dan keluar rumah
v  Menyanyikan lagu-lagu /syair cara masuk dan keluar rumah secara sederhana
v  Menunjukkan contoh cara / adap masuk dan keluar rumah yang baik
v  Menyebutkan hal-hal yang dilakukan sebelum ,selama, dan sesudah keluar rumah.
v  Hafal do~a akan masuk dan keluar rumah



Dapat menyanyikan lagu /syair cara  belajar
Dapat mengenal tata cara belajar yang baik
Dapat menghafal bacaan do`a secara belajar
v  Menyanyikan lagu-lagu/syair cara –cara belajar secara sederhana
v  Menunjukkan contoh cara/ adab cara belajar yang baik
v  Menyebutkan hal-hal yang dilakukan sebelum , selama ,dan sesudah cara belajat
v  Hafal do~A akan cara belajar



Dapat menyanyikan lagu /syair cara menghormati dan menyayangi orang tua dapat mengenal cara,menghormati dan menyayangi orang tua
Dapat menghafal bacaan do`a menghormati dan menyayangi orang tua
v  Menyanyikan lagu-lagu / syair cara menghormati dan menyayangi orang  tua secara sederhana
v  Menunjukkan contoh cara /adab menghormati dan menyayangi orang tua yang baik
v  Menyebutkan hal-hal yang dilakukan dalam menghormati dan menyayangi orang tua yang baik
v  Hafal do`a akan cara do`a untuk orang tua






Dapat mengenal hal-hal /perbuatan baik yang boleh dilakukan
Mengenal hal-hak /perbuatan jelek yang tidak boleh dilakukan
Dapat menghafal do`a untuk selamat dunia akhirat
v  Menyebutkan contah  hal-hal /perbuatan baik yang boleh dilakukan
v  Menyebutkan conttah hal-hal/ perbuatan jelek yang tidak boleh dilakukan
v  Hafal do`a untuk selamat dunia akhirat



Dapat mengenal cara merawat dan merapikan diri yang baik
Dapt menghafal do`a ketika bercermin
v  Menyebutkan macam –macam alat merawat dan merapikan diri
v  Menirukan contoh cara merawat dan merap[ikan diri yang baik
v  Menceritakan hal-hal yang dilakukan ketika merawat dan merapikan diri di rumah
v  Hafal do`a ketika bercermin



Menenjukkan macam=macam huruf ijaiyah
Dapat mendengarkan ,membedakan ,dan mengucaokan lafat huruf hijaiyah
v  Menirukan kembali bunyi lafat huruf ijaiyah
v  Menyebutkan 4 –5 huruf ijaiyah
v  Menunjukkan macam-macam huruf ijaiyah



Dapat menghafal Qu`an surat sutat pendek pilihan
Dapat menghafal Qu`an surat –surat pendek Qs.Al fatihah ,Qs Annas,Alhas , Alnaser ,Al Qurais  ,Allahab , Alkausar ,Al fiil
v  Menirukan membaca  Qu`an surat Al fatihah,
v  Hafal Qu`an surat Al Fatiha
v  Menirukan membaca Qu`an Surat Annas.
v  Hafal Qu`an sutat Annas
v  Menirukan membaca Qu`an Surat Al ashar
v  Hafal Qu`an sutat Al ashar
v  Menirukan membaca Qu`an Surat Al Nashr
v  Hafal Qu`an sutat Al Nashr
v  Menirukan membaca Qu`an Surat Al Qurais 
v  Hafal Qu`an sutat Al Qurais 
v  Menirukan membaca Qu`an Surat ,Allahab
v  Hafal Qu`an sutat ,Allahab
v  Menirukan membaca Qu`an , Alkausar
v  Hafal Qu`an sutat , Alkausar
v  Menirukan membaca Qu`an Surat Al fiil.
v  Hafal Qu`an sutat Al fiil



Dapat menghafal  hadis hadis pendek pilihan
Dapat menghafal hadis –hadis pendek tentang kebersihan , menurut ilmu ,bekata baik , ridho orang tua adalah ridho Allah
v  Menirikan membaca hadis tentang kebersihan
v  Hafal hadsi tentang kebersihan
v  Menirukan membaca hadis tentang menuntut ilmu
v  Menirukan membaca hadis tentang berkata baik
v  Hafal hadis tentang berkata baik
v  Menirukan membaca hadis tentang Ridho orangtua adalah ridho alla
v  Hafal hadis tentang Ridho orangtua  adalah ridho Allah


















2. BAHASA
STANDAR KOPETENSI
Anak dapt berkomunikasi secara lisan ,memiliki perbendaharaan kata dan mengenai simbul

KOPETENSI DASAR
HASIL BELAJAR
INDIKATOR

Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/ bahan / alat
Anak dapt berkomunikasi secara lisan ,memiliki perbendaharaan kata dan mengenai simbul
Dapat mendengarkan ,membedakan dan mengucapkan bunyi /suara tertertentu
v  Menyebutkan berbagai bunyi /suara tertentu
v  Menirukan kembali 3-4 urutan kata
v  Menyebutkan kata-kata dengan suku kata awal yang sama, Misal kaki –kali atau suku kata akhir yang sama .Misal nama –sama dll
v  Melakukan 2-3 perintah secara sederhana
v  Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita sederhana



Dapat berkominikasi / berbicara secara lisan
v  Menyebutkan namadiri,nama orang tua ,jenis kelamin ,alamat rumah secarasederhana
v  Menjawab pertanyaan tentang keterangan /informasi secara sederhana
v  Menceritakan pengalaman / kejadian secara sederhana.



Dapat memperkaya kosa kata yang diperlukan untuk berkominikasi sehari-hari meliputi kata benda ,kata sifat,kata keterangan,dan kata kerja
v  Bercerita menggunakan kata ganti aku,saya.
v  Menunjukkan gerakan –gerakan ,misalnya: duduk, jongkok ,berlari ,makan ,melompat ,menangis, senang ,sedih dll
v  Menyebutkan posisi /keterangan tempat ,Misalnya : diluar,di dalam ,datas , di bawah, di depan ,di belakang , dikiri, di kanan dsb.
v  Menyebutkan waktu ( pagi,siang ,malam  )
v  Menyebutkan 4-5 benda di sekitarnya



Dapat mengenal bentuk –bentuk simbul sederhana ( pra menulis )
v  Membuat berbagai macam coretan
v  Membuat gambar dan coreten ( tulisan  ) tentang cerita mengenai gambar  yang dibuatnya



Dapat memceritakan gambar ( pra membaca )
v  Bercerita tentang gambar yang di sediakan atau yang dibuat sendiri
v  Mengurutkan dan menceritakan isi gambar sederhana ( 3-4 gambar )
v  Menggabungkan gambar / benda dengan kata



Dapat mengenal hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan ( pramembaca )
v  Membaca gambar yang memiliki kata /kalimat sederhana
v  Menceritakan isi buku walaupun tidak sama antara tulisan dan yang di ucapkan
v  Menggabungkan tulisan sederhana dengan simbul yang melambangkannya







3 KPQNITIF
STANDAR KOPETENSI
Anak Mampu Mengenal Dan memahami berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari
KOPETENSI DASAR
HASIL BELAJAR
INDIKATOR

Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/ bahan / alat
Anak Mampu Mengenal   berbagai konsep Sains dan matemitika  dalam kehidupan sehari –hari -hari (kemampuan ber fakir logis ,kritis ,memberi alasan ,memecahkan masalah ,menemukan hubungan  sebab –akibat )
Mengenal klasifikasi sederhana
Mengelompokkan benda dengan berbagagai carayang di ketahui anak .Misalnya Menurut warna ,bentuk ukuran ,jenis dll
v  Menunjuk sebanyak-banyaknya benda hewan ,tanaman yang mempunyai warna ,bentuk atau ukuran atau menurut cirri-ciri tertentu.



Dapat mengenal konsep –konsep sains sederhana
Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika :
v  Warna campuran.
v  Prases pertumbuhan tanaman ( biji-bijian ,umbi-umbian ,batang-batangan  )
v  Balaon ditiup lalu dilepas
v  Benda –benda dimasukkan kedalam air (terapunh ,melayang , tenggelam )
v  Benda –benda yang dijatuhkan ( grativikasi )
v  Percobaan dengan magnit
v  Mengamati benda dengan kaca pembesar
v  Mencoba dan membedakan bermacam- macam rasa,bau,dan suara .



Dapat mengenal bilangan
v  Membilang /menyebut urutan bilangan 1 sampai 10.
v  Membilang dengan menunjukkan benda  ( mengenal konsep bilangan dengan benda –benda  sampai 5
v  Menunjukkan urutan bilangan sampai 5
v  Mengenal konsep banyak sedikit ,lebih-kurang sama tidak
v  Menghubungkan / memesang lambing bilangan dengan benda-beda  sampai 5 (anak tidak disuruh menulis )
v  Menunjuk dua kumpulan benda yang sama jumlahnya ,yang tidak sama , lebih banyaak dan lebih sedikit
v  Menyebutkan hasil penambahan ( menggabungkan 2 kumpulan benda ) dengan benda sampai  lima



Dapat mengenal bentuk geometri
v  Mengelompokkan bentuk bebtuk geometri ( lingkaran ,segitiga ,segi empat )
v  Menyebutkan benda benda yang menunjuk bentuk-bentuk geometri
v  Menyebutkan bentuk bentuk benda yang baru dilihatnya



Dapat mengenal konsep ruanga
v  Menyebutkan konsep depan belakang –tengah /diantara atas bawah , luar –dalam mundur kiri –kanan




Dapat mengenal ukuran
v  Membedakan konsep-konsep panjang-pendek ,jauh-dekat melalui mengukur  dengan langkah ,jengkal,benang atau tali
v  Membedakan konsep berat ringan ,gemuk-kurus melalui menimbang benda dengantimbangan  buatan dan yang sebenarnya
v  Membedakan konsep penuh –kosong melalui mengisi wadah  dengan air ,pasir ,biji-bijian dll
v  Membedakan konsep tebal –tipis ,tinggi –rendah, besar-kecil ,cepat-lambat



Dapat mengenal konsep waktu
v  Membedakan waktu ( pagi ,siang ,malam )
v  Menyebutkan nama –nama hari dalam satu minggu ,bulan dan tahun



Dapat mengenal berbagai pola
v  Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk atau warna 2 pola yang berurutan , misalnya merah,putih , merah ,putih ,merah ……….
v  Meniru pola dengan menggunakan empat kubus.





4 .FISIK /MOTORIK
Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan ,kelincahan ,dan keseimbanagan

KOPETENSI DASAR
HASIL BELAJAR
INDIKATOR

Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/ bahan / alat
Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan ,kelincahan ,dan keseimbanagan
Dapat melakukan gerakan  jari tangan untuk kelenturan otot dan koordinasi mata ( motorik halus )
v  Mengurus dirinya  sendiri ,Misalnya makan ,mandi ,menyisir rambut, mencuci  dan melap tangan ,mengosok /membersihkan sepatu ,dan mengikat tali sepatu
v  Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan  plastisin ,playdough / tanah liat
v  Meniru membuat garis tegak ,datar,miring,lengkung dan lingkaran
v  Meniru melipat kertas sederhana  ( 1- 6 lipat )
v  Menjahit jelujur dari 5-10 lobang dengan tali sepatu
v  Menggunting bebas
v  Merobek bebas
v  Merekat /menempel
v  Menyusun balok berbagai ukuran menjadi bentuk tertentu
v  Membuat lingkaran ,segi tiga, segi empat
v  Memegang pensil denganbenar
v  Meronce dengan manik-manik




Dapat melakukan gerak bero\pindah tempat sederhana ( gerak dasar lokomotor ) dalam permainan sederhana
v  Berjalan diberbagai arah dengan berbagi cara , misalnya berjalan maju diatas garis lurus ,berjalan diatas papan titian ,berjalan kedepan dengan tumit, berjalan kedepan dengan jinjit ( angkat tumit ) berjalan mundur.
v  Melompat berbagai arah dengan satu atau dua kaki
v  Meloncat dari ketinggian 30-50 Cm
v  Memanjat ,bergantung  dan berayun
v  Berlari kemudian melompat dengan seimbang tanpa jatuh
v  Berlari dengan berbagai variasi ( menyampng, kedepan , dan kebelakang )
v  Merayap dengan berbagi Variasi
v  Merangkak dengan berbagai Variasi



Dapat melakukan gerakan di tempat ( gerak dasar non lokomotor ) dalam permainan  sederhana
v  Melakukan gerak keseimbangan pada saat duduk dan berdiri
v  Memutar dan mengayunkan tangan
v  Menarikmdan mendorong benda
v  Meliukkan tubuh
v  Membungkukkan badan



Dapat melakukan gerak dasar memainkan benda ( gerak dasar manipulatif ) dalam permaianan sederhana .
v  Melambungkan dan menangkap abjek ( balon ,bolakecil, bola sedang  dll )
v  Menangkap dan melempar objek ( bola kecil ,kontong biji  dll ) dari jarak kira-kira 1-2 meter
v  Memantulkan objek ( balon ,bola kecil ,sedang , dab besar ,kontong biji  dll ) diam ditempat
v  Memantulkan objek ( bola besar ,kantong biji dll ) sambil berjalan /bergerak





v   


















5.SENI
STANDAR KOPETENSI
Anak mampu  mengekspresikan diri dengan menggunakan berebagai media /bahan dalam berkarya  seni melalui kegiatan eksplarasi
KOPETENSI DASAR
HASIL BELAJAR
INDIKATOR

Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/ bahan / alat
Kemampu   mengekspresikan diri dengan menggunakan berebagai media /bahan dalam berkarya  seni melalui kegiatan eksplarasi
Dapat menggambar sederhana
v  Menggambar bebas dengan berbagai media ( pensil warna ,krayon ,kapur tulis dll )
v  Menggambar bebas dari bentuk dasar titk ,garis  lengkung  ,lingkaran ,segi tiga ,dan segi empat,.
v  Menggambar orang dengan lengkap dan sederhana  ( belum provisional )
v  Stempel /mencetak dengan berbagai media ( pelepah pisang  ,batang papaya ,karet busa , dll )



Dapat mewarnai sederhana
v  Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar
v  Mewarnai bentuk gambar sederhana



Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media
v  Mencipta 2 bentuk bangunan balok
v  Mencipta 2 bentuk dari kepingan bentuk geometri
v  Mencipta dengan bentuk lidi batang korekapi ,stik, kotak besar dll
v   Membatik dan jumputan sederhana
v  Mencocok dengan pola buatan guru
v  Bermain warna dengan berbagai media Misalnya : krayon ,cat cair ,dll
v  Menulis dengan jari (finger painting )
v  Menciptakan bunyi-bunyian dengan berbagai alat
v  Menciptakan alat perkusi sederhana  ( missalnya membuat krincingan dari tutup botol )
v  Bertepuk tangan dengan 2 pola untuk membuat irama



Dapat mengekpresikan diri dalam bentuk gerak sederhana
v  Menggerakkan kepala,tangan atau kaki sesuai dengan irama musik /ritmik
v  Mengekpresikan diri secara bebas sesuai irama musik 



Dapat menyanyi dan memainkan alat musik sederhana
v  Menyanyi minimal 20 lagu anak-anak
v  Bermain dengan berbagai alat musik perkusi sederhana
v  Mengucapkan syair dari berbagai lagu.









0 komentar:

Posting Komentar