Pages

Kamis, 19 Januari 2017

RA. JENDELA ILMU : LAPORAN HASIL BELAJAR KEPADA WALI MURID







Sabtu 17 Desember 2016 RA. Jendela Ilmu Ngabul melaksanakan kegiatan penerimaan Raport Peserta Didik Semeter Gasal TP. 2016/2017. Penerimaan rapot ini dihadiri segenap wali murid dan dewan guru bersama kepala RA.
Rapot atau laporan hasil belajar peserta didik merupakan proses pengukuran terhadap hasil dari kegiatan belajar peserta didik. Penilaian kegiatan belajar di RA. Jendela Ilmu Ngabul menggunakan pendekatan penilaian otentik. Penilaian otentik merupakan penilaian proses dan hasil belajar untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan dan keterampilan berdasarkan fakta yang sesungguhnya.

Penilaian pada pendidikan anak usia dini dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi dengan teman atau guru, saat anak mengomunikasikan pikiran melalui hasil karyanya. Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak.
Penilaian perkembangan dalam pendidikan anak usia dini bukan hal yang sederhana karena banyak faktor yang perlu diperhatikan pada saat pengumpulan fakta, analisa terhadap perilaku anak saat bermain, dan analisa hasil karya anak. Keseriusan, ketelitian mengamati dan objektivitas di dalam pengelolaan fakta tanpa dicampuri dengan asumsi-asumsi, menjadi data yang mampu menggambarkan siapa dan bagaimana anak sesungguhnya. Data-data inilah yang kemudian dikomunikasikan kepada orang tua sebagai laporan untuk ditindaklanjuti bersama, guna kemajuan belajar peserta didik.
Semoga putra putri kita menjadi generasi cerdas, sehat dan berakhlaq.


0 komentar:

Posting Komentar