Sabtu 17 Desember 2016 RA.
Jendela Ilmu Ngabul melaksanakan kegiatan penerimaan Raport Peserta Didik
Semeter Gasal TP. 2016/2017. Penerimaan rapot ini dihadiri segenap wali murid
dan dewan guru bersama kepala RA.
Rapot atau laporan hasil belajar
peserta didik merupakan proses pengukuran terhadap hasil
dari kegiatan belajar peserta didik. Penilaian kegiatan belajar di RA.
Jendela Ilmu Ngabul menggunakan pendekatan penilaian
otentik. Penilaian otentik merupakan penilaian proses dan hasil belajar untuk
mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap (spiritual dan sosial),
pengetahuan dan keterampilan berdasarkan fakta yang sesungguhnya.
Penilaian pada
pendidikan anak usia dini dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi
dengan teman atau guru, saat anak mengomunikasikan pikiran melalui hasil
karyanya. Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa
hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa
kemajuan perkembangan yang di capai anak.
Penilaian
perkembangan dalam pendidikan anak usia dini bukan hal yang sederhana karena
banyak faktor yang perlu diperhatikan pada saat pengumpulan fakta, analisa
terhadap perilaku anak saat bermain, dan analisa hasil karya anak. Keseriusan,
ketelitian mengamati dan objektivitas di dalam pengelolaan fakta tanpa dicampuri
dengan asumsi-asumsi, menjadi data yang mampu menggambarkan siapa dan bagaimana
anak sesungguhnya. Data-data inilah yang kemudian dikomunikasikan kepada orang
tua sebagai laporan untuk ditindaklanjuti bersama, guna kemajuan belajar
peserta didik.
Semoga putra putri kita
menjadi generasi cerdas, sehat dan berakhlaq.
0 komentar:
Posting Komentar